Sabtu, 21 Juli 2012

Set It Free...

Free your heart with your own way..

Pagi ini...
Saya bebas..


Belakangan saya merasa terbelenggu rantai yang tak kasat mata. Diam saja, pergerakan saya jadi sangat terbatas. Berontak, malah menambah rasa sakitnya. Langkah saya jadi tak karuan arahnya. Miring ke kiri... Miring ke kanan.. Tak jarang saya jatuh tersungkur tanpa sebab. Seperti orang mabuk yang tak tahu jalan pulang. Tiap kali saya berhadapan dengan cermin, saya seperti tidak lagi mengenali pantulan wajah saya. Saya mulai tidak mengenali diri saya. Ada seseorang yang selalu berteriak menyuruh-nyuruh saya untuk berhenti bermain-main dan menyakiti diri sendiri. Anehnya, saya seperti mendadak buta dan tuli. Saya sampai tidak mengenali suara orang yang sibuk meneriaki saya itu.

Ternyata itu suara hati kecil saya...

Mungkin Tuhan tidak menyayangi saya seperti Dia menyayangi orang-orang saleh lainnya. Tapi yang saya rasakan, Tuhan tetap terus menyayangi dan menjaga saya.. Meskipun terkadang saya melupakan dan menjauh dari-Nya. Dia memberikan secangkir hangat ketenangan hati dan pikiran kepada saya, justru saat saya tengah asyik berjelaga dengan bayang-bayang samar yang tak jelas bentuknya. Saya meneguk isi cangkir itu, dan menyisakan sebagiannya untuk nanti.. Kalau-kalau saya membutuhkannya lagi.

Setelah meneguk setengah isi cangkir barulah saya tersadar. Perlahan akhirnya saya tersembuhkan dari kebutaan dan ketulian mendadak itu. Barulah saya melihat, ternyata Tuhan sudah menjejalkan banyak sekali senyum dan tawa di saku saya. Bukan jenis senyuman yang selama ini saya pakai.. Tapi jenis senyuman yang selama ini saya idam-idamkan. Termasuk jenis yang langka. Karena saat memakai senyum ini, kamu akan tersenyum sampai ke hatimu. Langka bukan? Kalau bukan langsung dari Dia, jenis senyum ini tidak diproduksi dimanapun. :)

Hal yang selama ini saya inginkan, bahkan saya butuhkan, seperti tidak akan pernah bisa saya raih. Dikarenakan kebutaan mendadak itu tadi. Sebabnya bayang-bayang samar yang selalu muncul didepan mata saya. Bayangan itulah yang membuat saya seperti mendadak buta dan tuli. Bayang-bayang yang selalu menampilkan keindahan pada permukaannya, membuat saya lupa diri dan lupa segalanya saat melihatnya. Tapi sekarang saya bisa melihatnya dengan baik, dan memperlakukannya dengan pantas. senyum lagi ah.. :)

Terima kasih Tuhan.. Akhirnya kini saya dapat berjalan tenang bahkan ceria, memakai senyuman langka yang Kau jejalkan dalam saku ini. Pagi ini Kau bahkan memberikan lagi sekeranjang penuh senyum dengan jenis yang sama. Entah bagaimana lagi saya berterima kasih pada-Mu atas pemberian-Mu pagi ini.. Seumur hidup pun saya berterima kasih tidak akan pernah cukup!!


Pagi ini saya terbebas..
Saat saya tersenyum, hati pun ikut tersenyum..
Saat saya tertawa, hati pun juga tertawa..
Rasanya seperti diberi lahan tambahan yang luasnya berhektar-hektar dalam hati saya. Apapun yang menunggu untuk masuk kedalamnya, masih memiliki tempat cukup luas, saya akan bisa menampungnya. Tapi rasanya juga seperti diberi perisai baru yang lebih kuat. Apapun yang menunggu untuk menghantam, saya akan siap menerjangnya.

Seperti menemukan kembali jalan untuk pulang ke rumah yang telah lama dirindukan. Dan pulangnya saya bukan karena apa-apa atau sesiapa.. Saya dapat menemukan jalan untuk pulang karena kasih sayang Tuhan kepada saya yang nista ini.

Saat ini ingin sekali rasanya bertemu dengan laut. Belakangan fokus saya hanya langit. Selalu memaksakan diri menengadahkan wajah memperhatikan pergerakan awan yang misterius. Tapi lama-lama saya kelelahan juga, jengah juga. Awan yang tadinya terasa misterius dengan segala pergerakannya yang tak menentu menjadi membosakan dan mengesalkan karena sifatnya yang no pattern, sulit dibaca. Mana lagi saya harus terus-terusan menengadahkan wajah ke langit hanya agar bisa bertatapan langsung. Saya seperti lupa keberadaan laut, yang selalu memanjakan saya dengan apa yang ada pada dirinya. Jika Tuhan berbaik hati kepada saya LAGI, dan membawa saya ke laut yang indah, hal yang ingin saya lakukan adalah tertawa lepas.. sekencang-kencangnya. Membagi kebahagiaan saya kepada riak ombak di permukaan laut dan awan-awan yang bergelung rapi di langit biru, kepada induk-induk burung camar yang tengah asyik mencari makan untuk anak-anaknya di sarang, kepada deru angin laut yang menyisir-nyisir rambut yang tergerai, kepada bunyi sirine dan klakson mobil yang terdengar sayup-sayup di kejauhan, kepada lembutnya pasir pantai yang menggelitik telapak kaki, kepada bau asin yang memanjakan hidung, kepada pepohonan..


Saya ingin mengajak hati-hati yang masih bermain dengan bayangannya, berputar-putar mengejar bayangannya sendiri, yang masih merasa seperti terbelenggu dengan sesuatu yang sepertinya tak bisa dilepaskan.. Bebaskanlah hatimu.. Lepaskan semua beban yang beratnya seperti memikul satu dunia di pundak lembut itu.. Serahkan sepenuhnya pada Tuhanmu. Dia Maha Perkasa. Bebanmu itu bila kau pikul sendiri akan menghancurkanmu. Beban seperti itu bukan apa-apa bagi-Nya. Dia akan membantumu, asal kau memintanya. Minta saja, jangan setengah-setengah. Dia lebih menyukai makhluk-Nya yang menunjukkan kelemahan hanya pada-Nya dan membutuhkan-Nya melebihi apapun juga. Mintalah dengan cara yang benar, dan mari kita sama-sama berjalan bergandengan ke arah gerbang yang sama. Saling berbagi senyum yang indah pemberian-Nya dan tertawa bersama. Bersama menertawakan kenaifan dan kecerobohan dibelakang kita.

Bebaskan hatimu sendiri. Dan kau akan mengerti, bahwa tak akan ada rasa sakit jika kau tak mengizinkan apapun menyakitimu. Tak akan ada yang bisa membelenggu dirimu kecuali dirimu sendiri..



NB : alhamdulillah, gak nyangka bisa posting lagi.. hihii ^_^V

10 komentar:

  1. kata-kata penutup na bagus k' vale.....like this buat semua tulisan k' vale....:)

    BalasHapus
  2. Bebaskan dirimu dari pikiran negatif ? :)

    Yah, kita adalah apa yang kita pikirkan. Entah siapa yang pernah bilang itu.

    suka dengan tulisan bebas ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiihh.. My idol mampir!! Cuenengnyaaa.. :D

      Hapus
  3. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    jujur dalam segala hal tidak akan mengubah duniamu menjadi buruk ,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  4. luar biasa tulisan saya jaman dulu.. luar biasa alaynya hihihi

    BalasHapus